Selasa, 25 Desember 2012

Tips Hidup Sehat dengan Air Putih


Tahukah anda bahwa sebagian besar dari tubuh manusia adalah air.  Jadi, manusia itu sebenarnya air. Otak dan darah misalnya merupakan dua organ penting dalam tubuh yang memiliki kandungan air sangat tinggi. Otak memiliki kandungan air sekitar 90%, sedangkan darah 95%. Oleh karena itu, jelaslah bagi kita bahwa kandungan air dalam tubuh manusia merupakan komponen yang memiliki presentase air paling besar.
Bila kita telah mengetahui bahwa sebagian besar dari tubuh manusia adalah air, berarti manusia tidak dapat dipisahkan dengan air. Berdasarkan hasil penelitian bahwa manusia mampu mempertahankan hidupnya tanpa makan sama sekali selama lima sampai tujuh hari. Tapi, manusia akan mati bila tiga hari tidak minum air.
Dalam buku basmi seabrek penyakit hanya dengan air putih yang ditulis oleh Angga Putra Permana disebutkan 12 manfaat air putih. Diantaranya:
a.       Terhindar dari sembelit.
b.      Memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker.
c.       Perawatan kecantikan.
d.      Menyuburkan hormon.
e.       Menyehatkan jantung.
f.       Menyembuhkan lumpuh akibat stroke.
g.       Mendatangkan efek relaksasi.
h.      Menurunkan berat badan.
i.        Tubuh lebih bugar.
Tentu masih banyak lagi manfaat air putih bagi tubuh kita. Dalam buku tersebut disebutkan juga bahwa air putih mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Diantaranya:
a.       Menyembuhkan radang usus.
b.      Membersihkan usus besar dan organ tubuh.
c.       Mengobati radang tenggorokan.
d.      Mencegah terjadinya asam lambung.
e.       Mengobati sakit persendian.
f.       Menghilangkan batu empedu.
g.       Mengobati sroke, kelumpuhan dan memperlancar sirkulasi darah.
h.      Mencegah kanker.
Lalu bagaimana cara atau tips agar kita hidup sehat dengan air putih? Angga Putra Permana dalam bukunya memberikan enam metode.
1.      Minumlah 1,5 liter air pada pagi hari ketika anda baru bangun tidur dan tanpa gosok gigi terlebih dahulu.
2.      Jangan minum atau makan makanan apa pun satu jam sebelum dan sesudah minum 1,5 liter air tersebut.
3.        Pastikan tidak mengonsumsi minuman beralkohol pada malam hari. (meskipun Angga Putra Permana tidak menyebutkan point ini kita tidak akan mungkin mimun alkohol. Kan haram. He, he, he…).
4.      Khusus para pekerja atau pelajar yang pagi-pagi sudah harus berangkat, hendaknya bangun lebih awal sehingga dapat memberikan sela satu jam sebelum sarapan.
5.      Untuk gamers yang begadang hingga pagi, minum 1,5 liter dilakukan setelah bangun dari tidur lama.
Bagi kita yang ingin memulai terapi ini, tentu sangat sulit minum air 1,5 liter langsung kan? Belum lagi kita harus sabar keluar masuk wc karena harus buang air kecil. Ya, minimal tiga kali dalam satu jam kita pasti akan buang air kecil. Lalu berapa kali kita harus keluar masuk wc dalam sehari?    
Meskipun demikian, yakinlah bahwa hal ini jauh lebih baik. Ya, lebih baik menderita sejenak daripada harus menanggung penyakit selama bertahun-tahun. Rhoma Irama mengatakan dalam lirik lagunya, “Berakit-rakit ke hulu berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian.” (lanjut…).
Oh ya, bagi temen-temen yang masih merasa malas mandi pagi, mulai hari ini harus dibiasakan yah mandi pagi. Ternyata dengan mandi pagi kita terhindar dari banyak penyakit dan memiliki banyak manfaat bagi kesehata kita.
Terakhir sebagai pesan dari penulis. Setelah mengetahui manfaat dari air putih, hendaknya  kita menjaga agar tidak boros dalam memanfaatkannya. Jangan pula mencemari air dengan membuang limbah ke sungai sehingga menyebabkan air tersumbat yang akhirnya menyebabkan banjir. Tentunya masih banyak hal-hal lain yang harus kita perhatikan terkait masalah penggunaan air. Intinya hargailah air.
Semoga tulisan ini bermanfaat.                                              

                                                                                                                                                           Muhammad Akbar, 19 September 2012

1 komentar: